Segera Dimulai!

Komentar

Loading…
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Memperbaiki File ISO yang rusak dengan rsync

Memperbaiki File ISO yang rusak dengan rsync

Belum lama ini saya mendownload openSUSE 12.3 yang akan saya install di komputer saya yang sebelumnya memakai openSUSE 12.2. Dengan koneksi seadanya (1-50 KB/s) saya beranikan mendownload ISO openSUSE KDE 12.3 versi 32 bit yang besarnya -+ 900 MB. Besar ? memang, tetapi kurang besar bila dibandingkan versi DVD lengkapnya yang mencapai 4,7 GB! :D

Setelah -+ 7 hari mendownload, akhirnya selesai juga download openSUSE, saya coba install melalui media USB menggunakan SUSE Image Writer yang saya dapatkan di website openSUSE.
Setelah media Instalasi siap, saya back up data saya agar tidak hilang :)


Back up selesai, restart, ganti boot ke Flash Drive, booting LiveUSB, INSTALL !!!!!

tapi ada yang aneh disini, ketika saya coba opsi sesi Live, openSUSE tidak mau muncul, lalu saya coba cek Media instalasi (USB) nya dengan opsi Check Installation Media ketika booting USB, ternyata ada error yang bertuliskan "Wrong checksum blablabla", saya cek kesana kemari, ternyata file ISO-nya rusak :(

tapi dulu ketika saya masih belum menggunakan openSUSE, saya pernah membaca cara memperbaiki File ISO yang rusak dengan rsync. saya coba ternyata berhasil! Berikut akan saya tuliskan cara memperbaiki File ISO yang rusak ini dengan rsync :

1. Cari mirror yang mendukung protokol rsysnc, bila anda pengguna openSUSE anda dapat mencarinya di sini, cari server yang dekat dengan lokasi anda sekarang. Contoh saya ambil server Buaya.

2. Buka terminal, lalu ketikan perintah berikut :
rsync <URL server rsync>
Saya akan menggunakan Buaya sebagai contoh, maka penulisannya akan seperti berikut :
rsync rsync://buaya.klas.or.id/opensuse/ 
bila ada respon di terminal berupa pesan dan list folder dari server, berarti server itu aktif dan bisa digunakan untuk memperbaiki ISO. Sekarang anda hanya perlu mencari dimanakah file ISO yang sama persis dengan yang anda miliki di server dengan mengulangi perintah tadi yang sudah ditambahi folder yang ada di list.

Contoh pesan dan list folder yang ada dalam server.
Nah, bila anda malas mencari, saya punya triknya, biasanya (atau mungkin memang begitu adanya) server openSUSE mempunyai pola penempatan folder yang sama, yakni seperti ini :
<jenis protokol>://<alamat server>/opensuse/distribution/<versi distribusi>/iso/
Karena saya memakai Server Buaya, maka alamat yang dapat kita dapatkan seperti ini :
rsync://buaya.klas.or.id/opensuse/distribution/12.3/iso/
3. Sekarang kita sudah siap untuk memperbaiki ISO yang rusak tadi, jalankanlah terminal, lalu masuk direktori dimana file ISO rusak tadi berada dengan perintah cd :
cd <alamat direktori file ISO>
contoh :
cd /home/user-test/ISO/
setelah masuk direktori, ketikan perintah berikut ini secara berurutan :
touch <alamat file ISO>
rsync -avP rsync://<alamat server>//opensuse/distribution/<versi distribusi>/iso/<nama file ISO> <alamat file ISO>
contoh :
touch /home/user-test/ISO/openSUSE-12.3-KDE-Live-i686.iso 
rsync -avP rsync://buaya.klas.or.id/opensuse/distribution/12.3/iso/openSUSE-12.3-KDE-i686.iso openSUSE-12.3-KDE-Live-i686.iso
Setelah itu, kita dapat menunggu sampai file ISO telah diperbaiki oleh rsync. Berikut Screenshot proses perbaikan menggunakan rsync :

Proses Transfer data menggunakan rsync
Selesai Proses Transfer data

Begitulah cara memperbaiki file ISO rusak yang bisa saya tuliskan, mohon maaf bila saya terlalu panjang lebar dalam tulisan kali ini. Akhir kata, semoga bermanfaat ^_^

Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar