Segera Dimulai!

Komentar

Loading…
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Corat-Coret User openSUSE, Awal kenal dengan Linux

Corat-Coret User openSUSE, Awal kenal dengan Linux

Geeko, si bunglon logo openSUSE, dia seekor bunglon tapi namanya mirip Tokek ya ? ._.

openSUSE ? jika kita sudah mengenal linux, pasti tidak akan asing dengan si bunglon ini, bila anda seorang Linux Enthusiast dan tidak tahu dengan Distro (Distributions) yang selalu terpampang dijajaran linux paling populer di Distrowatch ini, anda melewatkan sesuatu yang harus anda coba! :D


Dari awal saya mengenal linux (mengenal ya ?, bukan memakai :P ) saya sangat suka dengan openSUSE ini, entah kenapa saya sangat suka dengan Distro ini dibandingkan dengan yang lain, mungkin karena bunglon nya, atau karena Hijau nya ? entahlah. Ketika saya melihat sebuah Review di sebuah majalah komputer populer yang membahas mengenai Distro - Distro populer saat itu, di awal saya membaca saya melihat nama-nama Distro tersebut, dengan perasaan aneh saya berfikir dengan otak saya lalu berkata....
"Kok Linux namanya aneh-aneh gini ? Ubuntu ? Usus buntu maksudnya ? kok organ manusia dijadiin nama OS sih ?"
ya, begitulah reaksi saya ketika membaca nama-nama Distro yang direview dalam majalah tersebut, bukan maksud menjelakan, tapi saya rasa itu nama yang aneh. :D

lalu saya lanjutkan membaca, sampai akhirnya saya membaca review mengenai openSUSE yang membuat saya jatuh hati pada pandangan dan ulasan pertama (lebay). Dulu juga saya bukan menilai Linux dari segi fungsionalitas maupun kompabilitas Linux / openSUSE terhadap komputer yang saya, melainkan dari segi "tampilan". Maklum lah.. saya belum mengerti linux dulu... Hehehe :D

Kembali ke openSUSE, untuk saya openSUSE adalah sebuah Distro yang sangat cocok untuk pemula yang "sangat" ingin belajar mengenai Linux & open source. Karena menggunakan Linux bukanlah hal instan, kita harus mengenal dulu bagaimana linux bekerja dan bagaimana cara mengoperasikan Linux / Distro yang ingin kita pelajari, setiap Distribusi mempunyai Visi & misi, serta karakteristik yang berbeda-beda, jadi pelajarilah sebuah distro dahulu sebelum anda bingung dengan banyak nya Distribusi Linux yang ada.
openSUSE biasanya dikategorikan oleh berbagai pakar Linux sebagai distro moderat (sedang) karena Distro ini tidak bisa langsung memenuhi secara lengkap apa yang pengguna inginkan, tidak seperti Linux Mint atau distro out of the box lainya karena openSUSE tidak menyertakan perangkat lunak yang tidak bebas untuk digunakan, seperti Multimedia Codec dan lain sebagainya yang mempunyai lisensi tersendiri.

Jadi, bila anda seorang newbie atau pemula dalam Linux, tak ada salahnya anda mencoba Distro openSUSE  ini, tapi dengan syarat anda harus bekerja keras dan jangan menyerah kertika mengalami masalah dalam menggunakan Linux / Distro yang satu ini. Go openSUSE, Go open Souce ! :D