Segera Dimulai!

Komentar

Loading…
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , » Menambahkan GNOME Panel di GNOME 3

Menambahkan GNOME Panel di GNOME 3

Logo GNOME
kemarin-kemarin saya terobsesi sekali dengan DE GNOME yang ada di openSUSE 12.2 saya, saya sangat menyukai DE GNOME 3 ini karena tampilannya yang menarik dan minimalis. :D

Walaupun begitu, saya menemukan DE GNOME ini terasa hambar dengan absennya GNOME Panel yang dulu pernah ada di GNOME 2, memang sebenarnya GNOME panel ini bisa diganti dengan aplikasi Dock semacam Docky, Cairo Dock & AWN, tapi menggunakan aplikasi tersebut menurut saya tidak terlalu efisien dan memakan banyak RAM.

GNOME panel ini sebenarnya dapat ditemukan kembali di GNOME 3 dengan menggunakan sesi Fallback yang sudah tersedia, tetapi saya kurang suka menggunakannya karena GNOME Fallback tidak mempunyai efek dan tidak support ekstensi yang saya sering gunakan, walaupun banyak yang berpendapat menggunakan sesi Fallback itu lebih nyaman dan lebih produktif untuk digunakan, tetap saja saya lebih menyukai GNOME 3 daripada sesi Fallback :D



Oleh karena itu, saya iseng ingin mencoba menjalankan gnome-panel di GNOME 3, pertama kali saya coba menjalankannya dengan mengetikan perintah gnome-panel di terminal, tetapi gagal dengan adanya error bahwa ada sesi lain yang sedang berjalan. Lalu saya coba dengan memakai perintah sudo didepannya, berhasil, tapi kendalanya panel tersebut tidak bisa berjalan pada saat start up.

Lalu saya coba utak-atik lagi, akhirnya berhasil ! :D
namun ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum bisa menjalankan panel tersebut, langkah-langkahnya saya tulis sebagai berikut :

Catatan : Cara ini baru di tes pada GNOME versi 3.6 kebawah, penulis tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang terjadi dengan komputer anda.

pertama, tekan kombinasi Alt+F2 untuk memunculkan Launcher, Lalu ketikan gnome-session-properties di kotak Launcher.

Mengetikan perintah di Launcher

lalu pilih pilihan add di pojok kanan atas, masukan "gnome-panel --replace" di kotak command, tenang saja, --replace ini tidak akan menghilangkan panel GNOME 3 yang ada, setidaknya itu yang terjadi di komputer saya, untuk kotak yang lain silahkan mengarang atau samakan dengan gambar, lalu pilih add, jangan lupa centang start up hasil buatan tadi :D


Menambahkan gnome-panel agar dapat berjalan pada saat start up

tutup aplikasi lalu logout dan login kembali, tadaaa!!! GNOME panel sudah nyempil dibawah Desktop anda :D

GNOME panel sudah berjalan di dalam GNOME 3 :D

anda bisa memodifikasi panel tersebut seperti halnya dengan panel yang ada di sesi Fallback (Alt+Klik kanan / Ctrl+Alt+Klik kanan untuk pengaturan panel, klik kanan saja untuk mengatur applets secara individual), seperti menambahkan applets, menambahkan panel lain, mengatur warna panel dan sebagainya.

mengatur applets dan panel

Dan ini hasil oprek saya dengan GNOME panel di GNOME 3 pada saat membuat post ini.

oprek asal-asalan, klik untuk memperbesar

selamat menggunakan dan berkreasi dengan GNOME panel anda di GNOME 3 ! :D



4 komentar:

  1. Kunjungan pertama juga, Kang! Gara-gara akang ini sekarang saya tertarik dengan komunitas openSUSE beneran. Wah, blog ini sangat kuat kesan openSUSE-nya :)

    Saya baru tahu ada trik seperti ini. Dulu saya hanya pakai saja. Terima kasih, ada nilai tambah yang berharga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas ade sudah mampir kesini, saya tidak menyangka mas ade mampir ke blog sederhana saya ini! :D

      Bagus kalau begitu mas, saya yakin mas Ade tidak akan kecewa bila menggunakan openSUSE. Untuk blog sengaja saya edit template yang disediakan blogger agar sesuai dengan tema openSUSE 12.3 sekarang :D

      Trick itu tercipta karena dulu saya ngotot ingin gnome-panel mas, tapi tidak mau menggunakan sesi fallback, saya utak-atik akhirnya berhasil saya pasang di GNOME 3 :)

      Hapus