Segera Dimulai!

Komentar

Loading…
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , » Install Proprietary software dengan mudah di openSUSE Plus

Install Proprietary software dengan mudah di openSUSE Plus


Screenshot dari website openSUSE Plus
Beberapa hari yang lalu ketika saya melihat-lihat blog yang ada di openSUSE Planet, saya membaca sebuah blog dari seseorang bernama Jos Poortvliet mengenai openSUSE, disana saya menemukan link-link yang dapat membantu bagi para awam pengguna openSUSE, salah satunya adalah openSUSE Plus.



Website yang beralamat di opensuseplus.androbit.org ini menyediakan aplikasi-aplikasi Proprietary yang mungkin akan sulit didapatkan oleh para user yang masih baru dalam menggunakan openSUSE, yang (biasanya) mereka belum punya banyak pengetahuan mengenai cara menginstall aplikasi-aplikasi Proprietary yang tertera di website tersebut.

Seperti screenshot yang saya gunakan diatas, kita disuguhkan dengan nuansa kental akan openSUSE 12.2 yang sudah digantikan oleh openSUSE 12.3, walaupun bergitu di website ini tertera informasi bahwa aplikasi yang ada di website ini mendukung openSUSE dari versi 11.2 hingga 12.3, jadi untuk pengguna versi lama dan versi baru jangan berkecil hati karena hanya melihat tampilan nya saja :)

Sejatinya website ini tidak memberikan installer untuk menginstall aplikasi-aplikasi yang ada, melainkan website ini menggunakan teknologi 1-Click Installations yang ada pada openSUSE, sehingga memudahkan anda dalam hal instalasi dari luar repositories. Selebihnya saya akan menyebut teknologi ini dengan ¨Aplikasi¨ agar tidak terlalu membingungkan :)

Disini saya akan coba menjelaskan 9 aplikasi yang tertera pada website tersebut, anda dapat mencari lebih banyak software yang tidak ada di repositories anda di kolom pencarian yang akan membuka hasil pencarian anda di tab baru dari website Portal Aplikas openSUSE.

VLC Media Player 

VLC merupakan pemutar multimedia yang sangat populer dan banyak digunakan, VLC ini merupakan Aplikasi multimedia cross-platform yang dapat berjalan di berbagai sistim operasi, seperti Windows dan Linux.


Chrome Web Browser

Siapa tak kenal Google Chrome ? Google Chrome merupakan Web Browser yang terkenal di kalangan pengguna Windows, Google Chrome juga merupakan salah satu Web Browser tercepat saat ini, bersama Mozilla Firefox, Safari dan Opera. Google Chrome sebenarnya mempunyai ¨saudara¨ open source nya yaitu Chromium yang dapat langsung anda install di repositories.

Skype VoIP Telephone

Skype merupakan sebuah Aplikasi gratis yang memungkinkan anda untuk melakukan panggilan video call secara gratis ketika kita terhubung ke internet. Dengan menggunakan skype anda bisa menelpon, mengobrol, video call, ataupun transfer file ke sesama pengguna skype di seluruh dunia.

ATI Graphics Driver

Walaupun sebenarnya openSUSE sudah menyediakan Driver open Source untuk VGA AMD/ATI, Driver ini digunakan untuk VGA yang berbasiskan Chipset dari AMD/ATI untuk meningkatkan kinerja VGA agar dapat berjalan dengan lebih baikdi Linux. Driver ini mendukung Chipset VGA seri HD3000/4000 dan HD5000 keatas. 

Nvidia Graphic Driver

Sama sepeti VGA berbasiskan chipset ATI, openSUSE sudah menyediakan Driver open Source untuk VGA Nvidia, Driver ini digunakan untuk VGA yang berbasiskan Chipset dari Nvidia untuk meningkatkan kinerja VGA agar dapat berjalan dengan lebih baikdi Linux. Seperti seri GeForce, dsb.

Multimedia Codecs

Aplikasi ini akan menginstall file-file yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai file multimedia seperti  Musik (MP3, AAC, FLAC, WAV, AMR, WMA, dll) dan Video (MP4, 3GP, FLV, WebM, DivX, MKV, dll).


Flash Player

Flash Player merupakan Aplikasi Yang digunakan untuk menjalankan file Flash (SWF) yang biasanya digunakan oleh situs-situs besar untuk menjalankan aplikas-aplikasi interaktif yang ada dalam websitenya, situs yang menggunakan Flash adalah Youtube, Facebook, Vimeo, dll.

Steam Game Center

Steam adalah sebuah Portal game yang didistribusikan oleh VALVE, Steam huga merupakan tempat dimana anda bisa mendownload game dan Mod yang disediakan VALVE untuk pengguna Steam, Disini juga anda dapat mendapatkan Diskon game yang di distribusikan oleh VALVE.

RAR archiver Utility

RAR merupakan Aplikasi untuk meng-compress file sebagai arsip, RAR ini biasanya kita temukan di windows, aplikasi ini dibutuhkan oleh Linux untuk dapat meng-Compress maupun mengekstrak arsip yang berekstensi RAR.



Catatan : saya tidak bertanggung jawab atas resiko yang anda mungkin anda dapat dengan aplikasi diatas.

0 komentar:

Posting Komentar