Segera Dimulai!

Komentar

Loading…
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , » Install Drivers ATI di openSUSE menggunakan atiupgrade

Install Drivers ATI di openSUSE menggunakan atiupgrade


Beberapa hari yang lalu (dari kemarin seperti ini terus awalnya ._.) komputer dengan openSUSE saya selalu tiba-tiba hang, saya tidak tahu apa yang menyebabkan komputer saya hang, saya cek sana sini asumsi pertama saya mungkin openSUSE nya harus saya install ulang, tapi saya mengurungkan niat tersebut karena saya malas memindahkan file data yang sudah ada.

Lalu asumsi kedua saya ada bug di kernel, saya coba update menggunakan zypper up ternyata tidak ada update kernel maupun system, saya berfikiran bila ada bug di kernel saya, mungkin sudah ada yang men-submit oleh seseorang. Lalu asumsi terakhir saya yaitu ada kesalahan / error dengan drivers ATI/AMD saya.

Saya coba install ulang Drivernya menggunakan script/software atiupgrade yang saya dapat dan saya gunakan sejak dulu, allhamdulillah komputer saya kembali seperti normal :D

setelah kejadian itu, saya ingin berbagi kepada kalian cara instalasi Drivers ATI dengan script/software ini, mudah-mudahan membantu anda yang sedang galau karena tidak bisa menginstall Driver ATI ini :D

Ini merupakan cara instalasi dengan membuat Instalasi Drivers lalu menginstallkannya dalam komputer anda, bila anda tidak mau membuat file instalasi dan hanya menginstall Drivers-nya saja, silahkan baca tulisan saya yang ini.

Catatan : Tested on openSUSE 11.4 - 12.2. Not Tested on openSUSE 12.3

Instalasi Paket


Ada 4 cara yang saya ketahui untuk menginstall aplikasi ini :
  •  Menggunakan Zypper

 Jalankan terminal, lalu ketik perintah seperti berikut dengan berurutan:

su -l

zypper ar http://download.opensuse.org/repositories/home:/please_try_again/openSUSE_12.2/ ATI

zypper --gpg-auto-import-keys refresh -r ATI

zypper refresh

zypper -n in atiupgrade

Catatan :


su -l merupakan perintah untuk menjadikan kita sebagai Super User (Root)
zypper merupakan Software Management CLI di openSUSE


  • Menggunakan YaST

Masuk ke YaST -> Software Repositories -> Pilih Add, pilih Specify URL lalu tekan Next.

Dalam dialog baru, isi kolom URL dengan Alamat repositories :
http://download.opensuse.org/repositories/home:/please_try_again/openSUSE_12.2/

Tentukan Nama dari Repositories tersebut, contoh saya menggunakan nama "ATI Upgrade".

Menambahkan Repositories menggunakan YaST
Jangan lupa centang Repositories tersebut di kotak enabled untuk menggunakan Repositories.

Jangan lupa centang kotak Enabled
Tekan OK untuk keluar, sebelum keluar, YaST akan me-refresh Repositories yang kita tambahkan tadi, bila ada peringatan "Untrusted GPG Keys", Pilih Trust untuk mengambil kunci tersebut.


Dialog Untrusted Keys, tekan Trust untuk melanjutkan

Setelah kembali ke YaST, pilih Software Management untuk memulai tahap Instalasi, ketik atiupgrade di kotak pencarian, centang aplikasi, kemudian klik Apply.

YaST akan melakukan instalasi terhadap aplikasi tadi, setelah proses instalasi selesai anda akan keluar dari YaST.

Proses Instalasi aplikasi

  • Menggunakan 1-Click Installations

Anda hanya perlu mengklik ini dan konfirmasi di kotak dialog download (saya menggunakan Firefox) bahwa anda akan menggunakan 1-Click. Lalu proses instalasi berjalan :)

Buka dengan "YaST 1-Click Install"

  •  Mengunakan Instalasi Paket Secara Langsung
Download paket atiupgrade disini, lalu install dengan dobel klik paket tersebut, lalu klik "Install".

"Klik Install untuk memulai Instalasi paket"


Instalasi Drivers

Setelah anda install paket atiupgrade, saatnya menjalankan atiupgrade tersebut, ketik perintah berikut sebagai root pada terminal :
atiupgrade
Anda hanya tinggal menunggu aplikasi tersebut menginstall paket-paket lain yang diperlukan untuk membuat paket Instalasi Drivers, dan bila ada konfirmasi (saya lupa kalimatnya) tekan "Y" untuk menginstall paket yang sudah dibuat oleh aplikasi tersebut. Setelah instalasi selesai, restart komputer anda dan rasakan performa yang lebih baik dari Drivers ATI ini. :)

Sekian tulisan saya kali ini, saya harap ini dapat membantu anda yang memakai VGA ATI agar tidak galau karena kesulitan menginstall Drivers ATI di openSUSE.

Referensi :
ATI Driver With atiupgrade
ATI Upgrade (New Version)

2 komentar: