Segera Dimulai!

Komentar

Loading…
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , » Install font Microsoft dengan mudah di openSUSE

Install font Microsoft dengan mudah di openSUSE

Dulu ketika saya membuat makalah renang untuk memenuhi tugas saya di sekolah (makalah kumpulan copy-paste dari internet :3 ), saya memerlukan beberapa font cantik yang pernah saya gunakan ketika menggunakan M$ Office 20xx yang berjalan di sistem XP, saya cari font-font tersebut di LibreOffice tetapi tidak ada karena font di LibreOffice ternyata hanya sedikit dan kurang menarik.

Kebingungan karena tidak ada font yang saya inginkan di LibreOffice, saya inisiatif membuka google dan mencari bagaimana mendapatkan font-font yang saya butuhkan tersebut, dari beberapa blog yang saya kunjungi banyak yang menyarankan agar saya mengkopi font-font tersebut langsung dari windows, ribet ? sangat, tapi tidak ada cara lain yang dapat saya temui. :/

Setelah makalah saya selesai, iseng saya buka YaST dan ternyata saya menemukan cara yang lebih mudah dan praktis! tidak perlu ribet-ribet copy-paste dari windows, anda hanya perlu install sebuah paket dan menjalankannya!

Tidak percaya ? kalau begitu akan saya jelaskan caranya dibawah ini dengan menggunakan zypper :)

  1. buka terminal, lalu jalankan zypper dengan perintah seperti berikut untuk menginstall aplikasi/script dengan hak akses root  : 
zypper install fetchmsttfonts
     2.   lalu jalankan aplikasi tersebut dengan mengetikan perintah :
fetchmsttfonts
      3. tunggu proses instalasi yang ditampilakan di terminal selesai.

      4. logout dan login kembali, anda akan mempunyai koleksi font microsoft di openSUSE anda :)
Sedikit penjelasan, fetchmsttfonts ini sebenarnya merupakan script yang akan menginstall font-font inti M$ Office kedalam openSUSE anda, yang pertama dilakukan script ini yaitu meyeleksi server yang paling cepat dari list server yang sudah ada dalam script ini. Setelah seleksi selesai, script ini akan mendownload font-font tersebut dengan berurutan secara alfabetis, lalu mendaftarkan font tersebut ke sistem agar dapat digunakan.

nah, mudah bukan ? selamat bekerja dengan font baru anda! :)

5 komentar:

  1. Wah, posting baru. Maju terus, kang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas! :)
      Saya akan terus meperbaharui blog ini dan sebenarnnya tujuan saya membuat blog ini bukanlah untuk blog pribadi, tapi menjadikan nya sebagai portal informasi mengenai openSUSE yang di informasikan oleh user-nya sendiri, oleh karena itu blog ini saya beri nama "openSUSE User", maksudnya blog ini akan ditulis oleh para openSUSE user, seperti saya dan aji (Rey Rey Ajiep / Khuldi) dan mungkin juga mas bila mas mau berkontribusi dengan aktif menulis artikel disini! :D

      Hapus