Segera Dimulai!

Komentar

Loading…
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Memahami Zypper, hal-hal dasar manajemen paket Bagian 1

Memahami Zypper, hal-hal dasar manajemen paket Bagian 1

Zypper adalah sebuah aplikasi manajer paket yang digunakan oleh openSUSE, Zypper menggunakan engine libZypp yang juga digunakan oleh YaST, juga PackageKit (yang ada dalam distribusi openSUSE, tentu saja). Zypper sangat mudah digunakan dengan opsi yang mudah di hafal, dengan dukungan shortcut menggunakan zypper pun terasa praktis dan cepat!

pada tulisan kali ini, saya akan menuliskan baris-baris perintah yang sering digunakan oleh pengguna berikut dengan opsi-opsinya, simak berikut :

zypper install - Instalasi Paket


zypper install (shortcut : zypper in) digunakan untuk memasang/instalasi paket yang ada di repositori, perintah ini mungkin sama fungsinya dengan apt-get install pada distribusi turunan debian/ubuntu. Sintak umumnya seperti ini :
zypper install (Opsi) namapaket
opsi yang sering digunakan antara lain :

--download-only / -d

Opsi ini memerintahkan zypper untuk mendownload paket dari repositori, namun tidak memasang paket tersebut ke sistem dan hanya menyimpannya di cache yang berada di /var/cache/zypp/packages/(nama repositori).


--recommends

Opsi ini memerintahkan zypper untuk mendownload dan menginstall paket yang diperlukan, plus beberapa paket tambahan seperti language pack dan dokumentasi.

zypper search - Mencari Paket


zypper search (shortcut: zypper se) digunakan untuk mencari paket yang ada dalam repositori, perintah ini mungkin sama fungsinya dengan apt-cache search pada turunan debian/ubuntu. Sintak umumnya seperti ini :
zypper search  katakunci
opsi yang sering digunakan antara lain :

 --match-exact

Opsi ini memerintahkan zypper untuk mencari paket yang mempunyai nama sama persis dengan kata kunci yang kita cari.

--search-descriptions / -d

Opsi ini memerintahkan zypper untuk mencari paket yang mempunyai deskripsi yang sama dengan kata kunci yang kita cari.

--case-sensitive / -C

Opsi ini memerintahkan zypper untuk mencari paket yang mempunyai nama yang sama, juga dengan kesamaan kapitalnya.

--installed-only / -i

Opsi ini memerintahkan zypper untuk mencari paket yang sudah terinstall dalam komputer. Opsi ini akan membuat daftar paket yang terinstall jika digunakan tanpa kata kunci.

--uninstalled-only / -u

Opsi ini memerintahkan zypper untuk mencari paket yang Belum terinstall dalam komputer. Opsi ini akan membuat daftar paket yang belum terinstall jika digunakan tanpa kata kunci.

--details  / -s

Opsi ini memerintahkan zypper menampilkan hasil pencarian secara detail, menampilkan versi dan repositorinya tersendiri.

*Lanjut ke bagian 2

2 komentar:

  1. Bayangkanlah selalu bahwa yang datang kemari adalah pemula. Maka, selalu sertai setiap bahasan teknis dengan skrinsot.

    Karena openSUSE ingin dipromosikan kepada pengguna Windows di Indonesia.

    BalasHapus
  2. Saya juga inginnya dengan Screenshot, Kang. Namun apa yang harus saya tembak pada program dengan tampilan CLI ? :/

    tapi akan saya usahakan, dan juga saya menemukan Frontend zypper yang berbasiskan ncurses (text GUI), akan saya bahas nanti! :D

    BalasHapus